Sabtu, 21 Mei 2016

Tanjung Papuma, Jember

Pantai Papuma juga biasa disebut Tanjung Papuma, karena memang letaknya yang menjorok ke laut dan disebut sebagai tanjung. Kawasan Pantai Papuma ini memberikan nuansa wisata yang masih alami. Ekosistem pantai yang masih terjaga, dikelilingi barisan bukit, berpasir putih, dan satu yang unik dari Papuma ini adalah letak hutan lindung dengan pantai sangat dekat, jadi udara terasa sejuk sehingga sangat mendukung untuk kegiatan outdoor misalnya berkemah, outbound, bersantai, penelitian, dan lain-lain.



Letak Pantai Papuma ini berada di selatan Kota Jember. Sekitar 45km dari pusat kota. Biasa ditempuh sekitar 45-60 menit perjalanan menggunakan mobil. Sebelum memasuki kawasan pantai, Anda akan melewati wisata vihara papumahutan yang mayoritas ditanami pohon jati. Setelah melewati loket masuk dan membayar tiket (hari biasa Rp. 7.000,-/org; Rp. 15.000,- jika hari besar atau hari raya) Anda akan disuguhkan pemandangan pantai dari atas bukit dan hutan yang masih alami yang masih menyimpan berbagai macam flora dan fauna tropis. Jadi Anda akan lihat kera/lutung bergelantungan di pohon, berbagai macam burung, dan lainnya.
Kawasan Pantai Papuma ini tergolong lengkap. Mulai dari Vihara, tempat penginapan, warung berderet yang menjual ikan  hasil tangkapan nelayan, perahu para nelayan yang berbaris rapi di tepi pantai, wahana permainan keluarga, sarana toilet, dan lainnya. Di antara warung berderet tersebut, ada warung tempat langganan penulis, namanya Sri Wulan. Kuliner yang mantab, kakap bakar plus sambal ala pedesaan dan dimakan dengan nasi hangat plus tidak pake sendok alias muluk (makan pake tangan), jooss gandos.. Gak percaya?? Ayo dicoba..
Bagi yang ingin menginap, tersedia penginapan dengan harga yang cukup terjangkau. Tarifnya di area ini sekitar 300-450 ribu per malam. Atau Anda bisa juga menginap di pusat kota Jember, dekat alun-alun dan sekitarnya. Tarif di sana lebih murah, sekitar 100-300ribu per malam, seperti hotel Merdeka, hotel Istana, atau mungkin kalo lebih bagus lagi bisa ke hotel Aston atau hotel Bintang Mulia.  Semua kembali pada ketebalan kantong Anda.
Keunikan Pantai Papuma adalah memiliki tujuh karang besar. Apabila pantai sedang surut kita bisa melihat karang-karang tersebut dengan jelas. Satu yang unik adalah Pulau Kodok. Jadi karena pulau karang ini berbentuk mirip dengan kodok raksasa yang selalu dihantam ombak besar sehingga memberi kesan bahwa pulau karang ini timbul tenggelam di tengah laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar