Kamis, 19 Mei 2016

Ranukumbolo, Gunung Semeru

Siapa sih yang gak kenal dengan danau Ranukumbolo. Yaps, sekarang siapa saja udah bisa atau sudah pernah ke danau ini. Mangkannya sampah di Danau Ranukumbolo ini pun juga gak kalah rame dengan banyaknya wisatawan yang datang ke sini. Sangat disayangkan,

Kali ini aku bakal share ke travellers muda tentang perjalanan ku dan rombonganku menuju ke Ranukumbolo. Perjalan paling berkesan.





 Penuh perjuangan, penuh stamina, penuh energi, dan penuh harapan saat travellers mulai menanjakkan kaki di perjalanan dari Ranupani menuju ke Ranukumbolo.
Sebelum kita memasuki area menuju ke ranupani, kita harus membayar tiket masuk dl, harus ada surat keterangan sehat di setiap orangnya.




Di Ranupani kita diwajibkan untuk mengisi formulir travellers, jaga jaga kalau ada apa-apa kita bisa diketahui sama penjaga dan petugas disekitar sana. Jadi sangat disarankan, jangan pernah meremehkan saat mengisi formulir tersebut ya travellers.


Dari pos Ranupani menuju ke pos 1 sekitar kurang lebih 1 jam travellers, jalan dan tanjakan yang kita lewati masih belum ada apa-apanya travellers, hehe  karena semua masih datar. Dari pos 1 menuju ke pos 2, mulai terasa nafasnya. Harus terus berhati-hat ya travellers karena disetiap perjalanan ini hanya ada satu jalan dan dilewati 2 arus jadi kita harus sabar dan harus bergantian kalau ada rombongan lain dari arah sebaliknya. Nah perjalanan dari pos 1 ke pos 2, sekitar kurang lebih 2 jam sih ya karena waktu itu rombonganku lebih banyak berhenti nya.  Perjalanan dari pos 2 menuju ke pos 3 aja kita uda kayak diatas awan loh. Dan pemandangan pemandangan seperti ini yang ngebuat kita untuk berhenti dan menikmati keindahan kuasanya. 




Disetiap pos atau pos bayangan, ada beberapa penjual makanan dan minuman yang cukup untuk menahan rasa laper dan haus travellers. Orang orang asli sini juga ramah ramah loh, dan para pendaki disini setiap saling berpapasan dengan rombongan lain saling menyapa dan ramah juga loh.


Dari pos 2 menuju ke pos 3, tantangan semakin seru travellers, stamina dan energi lebih terkuras. Dan yang paling seru pos terakhir nih, tanjakan yang dilewati penuh dengan pasir. Setelah berhasil menaiki tanjakan itu gak lama danau ranukumbolo sudah terlihatdari atas bukit loh travellers.



 Rasanya semua tenaga yang terkuras terbayar dengan pemandangan yang luar biasa itu travellers. Dari atas bukit ini, kita masih harus berjalan kaki menuruni tanjakan pasir yang lumayan bikin kaki kita harus bisa meng-rem.
Dan setelah perjalanan dari pos ke pos selma kurang lebih 6 jam, akhirnya rombongan kita sampai di area camping tepat di bawah atau di depan tanjakan cinta travellers. 





Saat waktu menjelang magrib atau malam cuaca dinginnya mulai terasa dan semakin malam semakin – derajat loh kedinginannya. Waktu itu sih cuacanya dinginnya sampai -5 derajat travellers,  jadi sangat di sarankan buat para travellers yang mau mencoba perjalanan ini harus benar benar menyiapkan segala peralatan dan kelengkapan demi kenyamanan selama camping Danau Ranukumbolo.

Dan sangat disayangkan sih, saat rombangan kita ke sana bunga edelwis yang sangat terkenal itu ternyata masih belum tumbuh travellers. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar